Hubungan Pengetahuan Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Kejadian Skabies di Pesantren Cinta Wali Kabupaten Cianjur Tahun 2021

  • Arieni Ramadhan Institut Kesehatan Rajawali
  • Y Roybafie Fakultas Keperawatan, Institut Kesehatan Rajawali
  • Tonika Tohri Fakultas Keperawatan, Institut Kesehatan Rajawali
Keywords: Pengetahuan, PHBS, Skabies

Abstract

Penyakit skabies sering disebut kutu badan, penyakit ini juga mudah menular dari manusia ke manusia, dari hewan ke manusia, dan sebaliknya (Widodo, 2013). Masalah ini dominan terjadi pada anak-anak, karena individu tersebut belum mampu secara mandiri melakukan kebersihan diri dan kebersihan lingkungan. Anak-anak senang bermain dengan teman-temannya tanpa memperhatikan kebersihan diri, sehingga memungkinkan terjadinya penularan penyakit melalui kontak langsung seperti berjabat tangan, kurangnya perhatian dalam hal membersihkan diri atau mandi, serta bermain di area yang kurang bersih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan kejadian skabies di pesantren cinta wali Kabupaten Cianjur Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan kuesioner tentang gambaran pengetahuan tentang PHBS sebanyak 20 pertanyaan terhadap 88 santri yang mempunyai keluhan gatal- gatal pada bulan maret tahun 2021, dengan pendekatan cros sectional study (seksional silang). Pengetahuan Tentang Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) di pesanten cinta wali Kabupaten Cianjur Tahun 2021 sebagian besar pengetahuan kurang sebanyak 37 responden (42,1%). Kejadian skabies di pesanten cinta wali Kabupaten Cianjur Tahun 2021 sebagian besar dengan skabies sebanyak 58 responden (65,9%). Hasil analisis bivariat didapat p-value sebesar 0,00 (<0.05). Terdapat Hubungan Pengetahuan Tentang PHBS dengan kejadian skabies Di pesanten cinta wali Kabupaten Cianjur Tahun 2021.

References

Agus, Riyanto, Budiman. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika; 2013

Anik, M. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Trans Info Media; 2013

Azifa TU Masturoh. Hubungan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan kejadian skabies pada santriwati pondok pesantren Assalafiyyah mlangi nogotirto Sleman; 2014

Depkes RI. Profil Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2015

Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur. Profil Kesehatan Kabupaten Cianjur. Cianjur: Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur; 2020.

Infodatin, Kemenkes RI. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2011.

Kamus besar bahasa Indonesia; 2011.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pusat Data Dan Informasi Kemenkes RI. Jakarta; 2018.

Laporan Puskesmas Rawat Inap Pasir kuda Canjur Pasirkuda; 2020.

Notoatmodjo, S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Notoatmodjo, S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta; 2010.

Notoatmodjo, S. Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka cipta; 2012.

Nursalam. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis: Jakarta : Salemba Medika; 2013.

Proverawati A, Rahmawati E. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Yogyakarta: Nuha Medika; 2012.

Pratama I, Putri N, Wibowo DA, Nugraheni A. Perilaku pencegahan skabies di pondok pesantren darut taqwa bulusan semarang tahun 2016.

Parman, dkk. Faktor resiko hygiene perseorangan santri terhadap kejadian penyakit kulit skabies di pesantren al-baqiyahtushshalihat tanjung jabung barat tahun 2017. J Ilm Univ Batanghari Jambi;17(1):42–58.

Ridwan AR, Sahrudin, Ibrahim K. Hubungan pengetahuan, personal hygiene , dan kepadatan hunian dengan gejala penyakit skabies pada santri di pondok pesantren darul muklisin kota kendari 2017. Jimkesmas ;2(6):1–8.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta; 2011.

Sugiyono. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta; 2012.

Sulistyaningsih. Metodologi Penelitiam Kebidanan Kuantitatif-Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu; 2011.

WHO. Sustainable Development Goal's. In: Station U, editor. Jakarta: United Nation; 2015.

Published
2023-02-03