Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Siklus Menstruasi pada Remaja Putri Kelas X di SMAN 1 Cikalong Wetan Tahun 2023

  • Rizky Gumilang Pahlawan Institut Kesehatan Rajawali
  • Lisbet Octovia Manalu Institut Kesehatan Rajawali
  • Desti Cipta Yohana Institut Kesehatan Rajawali
Keywords: Indeks Massa Tubuh, Remaja, Siklus Menstruasi

Abstract

Latar Belakang. Adolescents atau masa remaja menurut world health organization (WHO) merupakan fase kehidupan antara masa kanak-kanak dan satu aspek kematangan seksual yang pertama kali terjadi pada masa pubertas seorang wanita. Didalam reproduksi penting memiliki periode menstruasi yang berarti periode ini biasanya terjadi setiap bulan antara menarche dan menopause dan yang dipengaruhi oleh hormon.

Tujuan Penelitian untuk mengetahui Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Siklus Menstruasi pada Remaja Putri kellas X di SMAN 1 Cikalong Wetan Tahun 2023.

Metode. Rancangan penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional, dilakukan pada bulan Juni 2023 di SMAN 1 Cikalong Wetan. Responden penelitian sebanyak 75 siswi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Indeks massa tubuh diukur dengan menggunakan penimbangan berat badan dan stature meter dan siklus menstruasi diukur dengan kuesioner siklus menstruasi.

Hasil. Diketahui sebagian besar (57,4%) remaja putri SMAN 1 Cikalong Wetan adalah siswi dengan IMT kurus dan Sebagian besar (38,6%) remaja putri SMAN 1 Cikalong Wetan adalah siswi yang mengalami siklus menstruasi pendek.

Simpulan. Terdapat hubungan antara indeks massa tubuh dengan siklus menstruasi.

Published
2024-07-16
How to Cite
Pahlawan, R., Manalu, L., & Yohana, D. (2024). Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Siklus Menstruasi pada Remaja Putri Kelas X di SMAN 1 Cikalong Wetan Tahun 2023. Jurnal Online Keperawatan Rajawali, 2(1), 6-10. Retrieved from http://ojs.rajawali.ac.id/index.php/JOKER/article/view/208