Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Kualitas Tidur pada Remaja di Smk Kesehatan Rajawali Tahun 2023

  • M Iqbal Sutisna
  • Tonika Tohri
  • Mila dwi safitri Institut Kesehatan Rajawali Bandung
Keywords: Kualitas Tidur, Penggunaan smartphone, Remaja

Abstract

Latar Belakang. Smartphone adalah perangkat populer yag mampu memproses lebih banyak informasi dari pada telpon linnya. Smartphone memiliki banyak fitur seperti permainan, akses internet dan media sosial, pesan, video, multimedia, dan navigasi selain penggunaan utamanya sebagai alat komunikasi. Kualitas tidur adalah sebuah perasaan segar kembali dan siap menghadapi kehidupan lain setelah bangun tidur. Kualitas tidur yang buruk ditandai dengan ditandai dengan mengantuk di siang hari, sulit tidur di malam hari, atau siklus tidur dan bangun tidur yang tidak teratur.

Tujuan Penelitian. Untuk mengetahui hubungan penggunaan smartphone dengan kualitas tidur pada remaja di SMK Kesehatan Rajawali tahun 2023.

Metode. Rancangan yang digunakan adalah analitik, dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasional. Cara pemelihan sempel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sempel sebanyak 101 remaja di SMK Kesehatan Rajawali tahun 2023.

Hasil. hampir seluruh responden yaitu sebanyak 78 orang dengan penggunaan smartphone kecanduan (77,2%), hampir seluruh responden yaitu 91 orang (90,1%) mengalami kualitas tidur buruk.

Simpulan. Terdapat hubungan penggunaan smartphone dengan kualitas tidur pada remaja di SMK Kesehatan Rajawali Tahun 2023.

 

Published
2024-07-16
How to Cite
Sutisna, M., Tohri, T., & safitri, M. (2024). Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Kualitas Tidur pada Remaja di Smk Kesehatan Rajawali Tahun 2023. Jurnal Online Keperawatan Rajawali, 2(1), 21-30. Retrieved from http://ojs.rajawali.ac.id/index.php/JOKER/article/view/290