Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Oto Iskandar Dinata

  • Ahmad Arifin Institut Kesehatan Rajawali
  • Tonika Tohri Institut Kesehatan Rajawali
  • Hilmi Fauzan Institut Kesehatan Rajawali
Keywords: Kinerja Perawat, Kepuasan Pasien

Abstract

Latar Belakang : Perawat mempunyai kontribusi yang besar dalam memberikan pelayanan keperawatan harus bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan yang berkualitas untuk menjamin kepuasan pasien. Kualitas kinerja perawat dalam pelayanan, asuhan, dan praktik keperawatan akan selalu diingat klien sampai kapanpun.

Tujuan : Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Oto Iskandar Dinata Tahun 2023.

Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling . Teknik ini menentukan anggota sampel dari populasi secara acak tanpa memperhatikan strata yaitu 75 sampel. Kuesioner kinerja perawat dan kepuasan pasien digunakan untuk mengukur tingkat kinerja perawat dan kepuasan pasien.

Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji spearman rho didapatkan nilai p 0,000 artinya terdapat hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Oto Iskndar Dinata

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Oto Iskndar Dinata

Published
2024-07-16
How to Cite
Arifin, A., Tohri, T., & Fauzan, H. (2024). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Oto Iskandar Dinata. Jurnal Online Keperawatan Rajawali, 2(1), 16-20. Retrieved from http://ojs.rajawali.ac.id/index.php/JOKER/article/view/442