Hubungan pengetahuan dan dukungan suami terhadap minat ibu dalam menggunakan kontrasepsi IUD pada pasangan usia subur di Puskesmas Cipageran tahun 2021

  • Nani Suryani Institut Kesehatan Rajawali Bandung

Abstract

IUD merupakan alat kontrasepsi yang efektif dan efisien, nyaman, dan terjangkau. Minat terhadap penggunaan IUD masih rendah dibandingkan kontrasepsi suntik dan pil. Hal tersebut dipengaruhi oleh pengetahuan dan dukungan suami. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan dukungan suami terhadap minat ibu dalam menggunakan kontrasepsi IUD pada PUS di Puskesmas Cipageran tahun 2021.

Metode penelitian menggunakan deskriptif analisis dengan pendekatan cross-sectional. Sampel adalah PUS yang menggunakan kontrasepi di Puskesmas Cipageran pada bulan Juli tahun 2021 sebanyak 176 orang, melalui teknik simple random sampling. Instrumen menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat.

Hasil didapatkan sebagian kecil (46%) mempunyai minat rendah, sebagian mempunyai pengetahuan rendah (50,6%), dan sebagian kecil tidak mendapatkan dukungan suami (47,2%). Terdapat hubungan pengetahuan (p=0,048) dan dukungan suami (p=0,000) terhadap minat ibu dalam menggunakan kontrasepsi IUD. 

Puskesmas diharapkan dapat meningkatkan minat ibu dalam penggunaan IUD melalui program penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan ibu dan dukungan suami. 

Published
2022-02-08